Inilah Cara Hindari Obesitas saat Kita Tua


PERUBAHAN berat badan drastis pada umur separuh baya berdamapk langsung dalam kualitas hidup di hari tua. Sebaliknya jika mampu mengurangi berat badan di usia pertengahan dapat mengurangi risiko demensia. Berikut ini tips dan

cara menghindari obesitas di usia tua menurut Dr.Simran Saini dari Weight Loss Management Consultant di Fortis Hospital:

1.Ketahui peran hormon
Tingkat hormon perempuan estrogen dan progesteron akan menurun seiring bertambahnya usia. Perubahan ini juga berdampak menurunnya BMR (Basal Metabolic Rate). Semua perubahan itu mengganggu keseimbangan tubuh dan ovarium yang berfungsi memproduksi ovarium berkurang. Hal ini menyebabkan penambahan berat badan.

2.Gaya hidup sehat
Makan malam terlambat, pola makan tidak menentu dan gaya hidup tidak sehat menjadi penyebab kenaikan berat badan di usia tua. Untuk mempertahankan atau menurunkan berat badan harus diingat untuk bijaksana memilih makanan dalam porsi kecil. Gizi yang mencakup kalsium, protein dan vitamin juga harus terkandung dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari.

3.Hindari stres
Makan berlebihan biasanya karena stres. Orang yang tertekan cenderung menemukan hiburan melalui porsi besar makanan. Kenaikan berat badan pun terjadi yang mengakibatkan kondisi kesehatan terganggu seperti hipertensi, diabetes dan osteoporosis.

4.Olahraga
Dari usia mudah harus dibiasakan berolahraga agar tubuh biasa terlatih ketika memasuki usia tua. Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association berolahraga selama 30 menit setiap hari dan gaya hidup sehat mencegah kenaikan berat badan.

5.Menetapkan tujuan
Ketika usia setengah baya berat badan ideal berdasarkan struktur tulang dan kondisi media. Jadi setiap perawakan fisik, stamina, berat badan setiap orang bervariasi yang menjadi faktor idealnya tubuh.

6.Mengurangi lemak perut
Obesitas pada usia tua cenderung terakumulasi di daerah perut. Lakukan olahraga dan diet makanan seimbang dan terkendali agar obesitas sentral dapat diatasi secara efektif.

by Admin

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s