Tips aman memakai toilet Umum


Toilet umum adalah tempat yang kadang tidak menyenangkan untuk dikunjungi karena khawatir tertular kuman, kursi toilet yang basah, kertas tisu yang kotor atau tidak ada tisu serta kurangnya desinfektan. Ketahui cara aman menggunakan toilet umum.

Kondisi ini membuat orang khawatir atau risih menggunakan toilet umum. Tapi pada kondisi tertentu mau tidak mau seseorang akan menggunakan toilet umum baik yang terdapat di mall, restoran atau tempat umum lainnya.

“Kondisi toilet umum yang kotor memang bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri atau mikroorganisme lain,” ujar Philip Tierno, Jr, PhD, direktur mikrobiologi di NYU Langone Medical Center, seperti dikutip dari Prevention.

Untuk itu ketahui cara aman menggunakan toilet umum, yaitu:

1. Usahakan untuk menghindari kamar mandi tengah, karena umumnya tempat tersebut terkumpul lebih banyak bakteri. Cobalah pilih kamar mandi pertama yang kemungkinan masih lebih bersih dan tidak banyak mikroorganismenya.

2. Jangan meletakkan tas atau dompet di lantai kamar mandi, meskipun lantai terlihat bersih. Jika terdapat gantungan letakkan tas di sana atau gantungkan tas di bahu jika memang tidak ada tempat untuk menaruhnya.

3. Sebelum digunakan, lap terlebih dahulu dudukan toilet dengan menggunakan tisu.

4. Tarik celana atau rok hingga mencapai betis untuk menghindari terkena semprotan air, tapi jangan terlalu rendah karena berisiko menyentuh lantai kamar mandi.

5. Bersihkan dan lap bagian kemaluan saat masih dalam posisi jongkok, kondisi ini untuk mencegah bagian tubuh lain atau pakaian terkena kotoran.

6. Usahakan untuk membilas (flush) toilet ketika akan keluar dari kamar mandi, hal ini untuk menghindari mikroorganisme dari air toilet menempel di tubuh.

7. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan secara menyeluruh dengan menggunakan air mengalir dan sabun, tapi jangan lupa untuk mengeringkannya dengan menggunakan tisu atau pengering elektrik.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s