Kamuflase hewan yang sangat menakjubkan


1. kodok daun kering
yang saling berdekatan nyaris bersatu dengan lantai hutan Panama, Tipu muslihat untuk mengecoh predator kerap didorong oleh kehidupan di daerah tropis, di mana satu mahluk menjadi pakan bagi mahluk lainnya.

2. Tonggeret
seukuran jari yang menyamar sebagai kulit kayu berlumut ini nyaris tak terlihat di dalam hutan. Panama yang temaram. Namun kamuflase lebih dari sekedar penampilan-pemakainya juga harus menjalani peran dengan baik. Serangga nokturnal ini tidak bergerak sedikit pun pada siang hari untuk memastikan bentuk tubuhnya yang tidak mencolok.

3. Serangga daun
Seekor serangga daun betina dari Malaysia yang lebih mirip tumbuhan ini berbentuk dari rangkaian panjang pemimikan daun yang ekstrim. Berdasarkan fosil terakhir di Jerman, kelompok serangga ini tak banyak berubah kurun waktu 47 juta tahun terakhir. Sebagai anggota terbesar dari ribuan spesies pemimik daun, Phyllium giganteum dapat mencapai panjang 10 meter.

4. Serangga aneh
BERMUKA DUA Sepasang mata tambahan, juga palsu, dapat jadi anugerah bagi serangga yang diburu predator yang mengandalkan penglihatan. Wereng melakukan pendekatan yang lebih bersemangat, berdengung seperti tawon penyengat agar si penangkap buru-buru melepaskannya.

5. Ulat daun
BINGUNGKAN MUSUH Dengan mengumbar bagian-bagian tubuh palsu dan penyamaran yang elegan, banyak ulat yang membuat musuh-musuhnya bertanya-tanya, seekor ulat ngengat sutra mengadopsi kepala palsu, lengkap dengan antena tiruan untuk memikat predator agar menggigit bagian belakang tubuhnya.

6. Katak
Pada katak, warna warni yang mencolok kerap menandakan kandungan racun. Namun satu spesies di kepulauan lepas pantai Panama tidak selalu menggunakan satu sinyal warna yang baku.

Semoga bermanfaat.
Terima Kasih.

Malix jabrix

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s