Google dapat merusak otak


LONDON – Google bisa merusak otak dari para penggunanya dengan menawarkan banyak bantuan dalam memecahkan masalah, klaim seorang penulis.

“Fungsi utama dari search-engine adalah untuk menyediakan kepada kita informasi instan, yang berarti orang-orang dapat kehilangan kapasitas untuk menyimpan informasi,” ujar Nicolas Carr, penulis dari buku ‘The Shallows: What the internet is Doing to Our Brains‘, seperti yang dikutip dari Telegraph, Rabu (15/9/2010).

Penulis buku tersebut mengklaim bahwa Google telah merenggut kemampuan dari otak kita. Dia juga mengatakan kepada BBC bahwa salah satu dampak dari internet adalah kini orang-orang semakin sulit untuk berkonsentrasi, contohnya ketika membaca sebuah buku.

Nicolas Carr, berargumentasi bahwa untuk mengembangkan konsentrasi untuk manusia, seharusnya situs seperti Google harus dibuat lebih sulit untuk digunakan, sebuah teori yang berlawanan dengan para pembuat software yang bersaing untuk membuat program mereka menjadi lebih mudah. Komentar dari Carr tersebut dilontarkan tidak lama setelah Google meluncurkan Google Instant.

“Di banyak cara, saya sangat mengagumi Google, tapi saya berpikir bahwa mereka memiliki pandangan yang berbeda mengenai cara bagaimana kita harus menggunakan pikiran kita,” ujar Carr.

Nicolas Carr menambahkan bahwa navigasi satelit berarti orang-orang akan dapat melupakan jalur yang mereka browse sebelumnya. Dia mengatakan bahwa ruang bagian otak yang menyimpan memori visual akan digantikan oleh alat ‘GPS’.

Sementara itu juru bicara dari pihak Google berkata bahwa pencarian di internet sekarang sudah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat. Pengguna internet ingin menemukan jawaban yang cepat atas pertanyaan-pertanyaan mereka.

“Semakin cepat kita bisa mencarikan informasi yang masyarakat inginkan, semakin banyak waktu pula yang mereka bisa lakukan untuk hal lain. Yang ada di pikiran kita, kami akan terus berusaha untuk membuat hidup dari para pengguna menjadi lebih mudah, dengan membuat search-engine kami lebih cepat dan mendapat hasil relevan dari yang dicari oleh para pengguna,” tambah pihak Google.
(srn)

Sumber : Okezone


Satu pemikiran pada “Google dapat merusak otak

  1. Thanks..seriously educational!!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s