Durian Instan,Durian manis dan buahnya lebat


PAGARALAM, KOMPAS.com – Warga Kota Pagaralam, Sumatra Selatan (Sumsel), mulai melirik usaha perkebunan buah-buahan dengan mengembangkan tanaman jenis durian Besemah.

Tanaman durian Besemah selain buahnya lebat, waktu berbuah juga cukup singkat, dengan daging buah lebih tebal dan manis. Kemudian lahan untuk penanaman juga cukup sekitar halaman rumah yang terbatas atau sempit.

Menurut salah seorang petani warga Dusun Pagaragung Kelurahan Ulururah, Kecamatan Pagaralam Selatan, Yudi, Selasa (1/12) awalnya hanya coba-coba membudidayakan tanaman durian untuk jenis lokal, sebab selama ini jenis durian Besemah kurang terkenal kalah dengan yang berasal dari luar.

“Namun setelah dilakukan pengembangan melalui uji coba pembibitan secara profesional atau melalui kawin silang ternyata hasilnya cukup baik dan buahnya lebih gurih,” katanya.

Ia mengatakan, memang belum banyak petani yang mencoba tanam durian lokal dengan melalui perkawinan sehingga menghasilan durian Besemah dengan kualitas terbaik.

“Daging tebal hanya berumur tiga tahun sudah mulai berbuah cukup lebat, bisa dibayangkan semua bagian batang dan dahan dipenuhi dengan buah,” katanya.

Ada durian jenis ini, tapi yang sudah berumur puluhan tahun dan ada juga ditanam sejak nenek moyang dahulu dan umurnya sudah ada yang ratusan tahun.

“Kita baru lakukan percobaan pengembangan durian jenis ini tujuannya bagaimana durian yang baru berbuah setelah berumur puluhan tahun, tapi sekarang justru cukup tiga atau empat tahun sudah ada hasilnya,” katanya.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Hasan Barin Ibnu, mengatakan pemerintah sudah memprogramkan bantuan pengembangan tanaman produktif, artinya jenis tanaman yang bisa menghasilakan seperti durian, mangga, petai, sukun, salak dan ada beberapa yang lainnya.

“Memang perlu digalakkan pengembangan beberapa jenis tanaman lokal agar hasilnya lebih produktif dan bernilai ekonomis tinggi, seperti perkawinan silang jenis durian lokal dengan luar sehingga menghasilan durian Besemah,” katanya.



Sumber : whooila

Satu pemikiran pada “Durian Instan,Durian manis dan buahnya lebat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s