Apabila masih gagal diet,Cobalah trik unik ini


Whooila!Rumus utama menjalankan diet adalah kedisiplinan. Jika diet belum juga berhasil, bisa jadi Anda kurang disiplin atau keliru memilih caranya. Idealnya, diet mesti dibarengi dengan olahraga teratur dengan rumusan yang tepat (frekuensi, intensitas, waktu, dan tipe). Jika semua sudah dicoba, tambahkan trik lain yang unik berikut ini:

Sugesti diri
Katakan apa yang ingin Anda makan. Tak perlu menghalangi diri sendiri makan makanan favorit. Bahkan, es krim atau sate padang sekalipun. Diet bukan berarti tak boleh memakan makanan seperti ini. Mengatur pola makan lebih kepada mengurangi porsi, mengontrol diri untuk tidak makan berlebihan, bukan menghindari makanan. Jadi, cukup cicipi saja es krim di rumah.

“Dengan mengatakan apa saja yang ingin Anda makan, Anda akan menyadari makanan yang sedang dimakan dan alasan memakannya,” kata Jean Kristeller PhD, pendiri The Center for Mindful Eating, di Dover, New Hampshire.

Dengan demikian, Anda bisa secara sadar membatasi diri mengonsumsi makanan enak yang bisa menggagalkan pola makan sehat Anda.

Bawalah uang tunai dan berhematlah
Sebaiknya selalu bawa uang tunai saat ingin makan di luar rumah. Tentu saja cara ini perlu dibarengi sikap disiplin menggunakan uang. Bagi sebagian orang, berhemat menjadi budaya sebagai cara menghargai uang, hasil jerih payahnya bekerja. Nah, budaya ini perlu diikuti jika ingin berhasil diet. Dengan alasan berhemat sembari membawa uang tunai saat akan makan, Anda tentu tak akan banyak memesan makanan. Artinya, Anda sedang mengurangi porsi makan. Membayar makan di restoran dengan uang tunai juga lebih sehat daripada membayarnya dengan kartu kredit atau kartu debit.

“Orang yang membayar makanannya dengan uang tunai lebih peduli terhadap apa yang mereka beli, termasuk nilai nutrisi yang terkandung di makanan tersebut,” papar Brian Wansink PhD, pengarang buku Mindless Eating.
Jadi, lanjutnya, dengan berpikir nutrisinya, Anda tentu akan memilih membeli apel daripada kue.

Makanlah dengan tenang
Singkirkan iPod, ponsel, dan matikan televisi saat waktunya makan. Makanlah dengan suasana tenang dan fokuslah pada makanan Anda. Trik ini dinilai berhasil karena berdasarkan penelitian, lingkungan yang bising mendorong Anda makan lebih cepat. Akibatnya, makanan cepat habis dan Anda telah melahap semuanya tanpa mengontrolnya.

“Makan dengan gangguan suara yang keras juga bisa meningkatkan rasa, bau, dan tekstur makanan. Anda menjadi terpancing untuk terus makan,” kata Wansink.

Jadi, makanlah perlahan dalam suasana yang tenang tanpa banyak suara.

Awali dengan jerukJeruk adalah buah kaya air yang membuat Anda cepat merasa kenyang. Penyerapan asupan ini juga lebih lama sehingga Anda bisa menunda makan dan mengontrol makanan yang masuk setelah mengonsumsi jeruk.

“Dehidrasi memicu rasa lapar lebih cepat,” kata Susan Albers PsyD, pengarang Eat, Drink and Be Mindful.
Selain mengonsumsi jeruk sebelum makan, Albers menyarankan, untuk mengurangi tempo makan, minumlah di sela makan.

Sumber: whooila

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s