Thaumoctopus Mimicus : Spesies Gurita Indonesia yang Penuh Misteri


The Indonesian Mimic Octopus, Thaumoctopus Mimicus. Ini dia, satu-satunya spesies gurita yang hidup di Indonesia yang masih menjadi misteri oleh banyak para ahli dari seluruh penjuru dunia. Apa sih yang membuat para ahli dan peneliti dunia penasaran dengan spesies satu ini?

Bayangkan, spesies gurita ini bisa berkamuflase alias meniru setidaknya 15 hewan laut yang beda jenisnya. Yuk, mari kita mengenal lebih dekat lagi dengan gurita ini.

Beberapa hewan, khususnya beberapa jenis burung dan ikan, dikenal mampu untuk mengubah warna guna menarik pasangan atau untuk menutupi diri dan untuk melindunginya terhadap predator.

Spesies gurita yang hidup di indonesia ini, pertama kali diidentifikasi pada tahun 1998, dan hingga kini satu-satunya spesies yang membuat penasaran para peneliti dari seluruh penjuru dunia karena kemampuannya.

Pertama kali diamati oleh Mark Norman, Julian Finn, dan Tom Tregenza yang merupakan peneliti kelautan akan fenomena penyamaran yang luar biasa yang dimiliki oleh spesies ini selama periode 24 jam. Para peneliti memotret gurita dalam banyak tahapan, seperti foto-foto yang ditampilkan di bawah ini.

Di sini ditunjukkan, gurita ini mencari makanan dengn menggunakan ujung lengannya untuk menggali lubang dan dari lengan mereka dapat menjebak apa pun yang mencoba melarikan diri. Hampir seperti menggali dengan ujung jari dan tangan yang lainnya menggenggam.

Ketika bergerak, gurita ini menarik lengannya bersama-sama ke dalam sehingga membentuk seperti daun.

Di foto ini, tampak gurita sedang meniru salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan yang sama.

Di sini terlihat gurita sedang berenang menyerupai lion fish.

Kadang-kadang dapat menyerupai ikan dengan duri “beracun” seperti yang terlihat pada gambar ini. (pada lion fish duri-durinya sangat mengandung racun, namun tidak dengan gurita ini, ia hanya meniru tampilan dan gerakan-gerakan dari lion fish saja untuk tujuan perlindungan.)

Dalam dua foto diatas ini, gurita meniru secara total ular laut. Mark Norman dan rekan-rekan peneliti telah memasukkan beberapa video singkat mengenai gurita yang menjadi subjek dalam penelitian mereka.

Ada dua hal yang sangat mencolok dari karakter laut ini, yaitu spesies gurita indonesia. Salah satunya adalah bahwa dari 15 spesies kehidupan laut diperairan ini cenderung belum pernah diamati oleh gurita ini, dan yang lain adalah bahwa ketika menghadapi pemangsa, gurita yang akan menjadi pemangsa predator paling menakutkan.

Bagaimana gurita ini bisa tahu dan bisa meniru hewan lain yang belum pernah ia jumpai dan amati? Dan bagaimana ia bisa tahu apa yang paling ditakuti oleh pemangsanya sendiri? Jawabannya hingga kini belum diketahui secara pasti.

Yang diketahui hanyalah bahwa spesies gurita Indonesia ini akan menjadi subjek penelitian untuk waktu yang lama. Teknologi apa yang digunakan hingga gurita tersebut mampu meniru? Hingga kini masih misterius.

Sumber : whooila.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s